E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Warta Dies
Warta Dies STIESIA
Analisis pada Aktivitas Investasi antar Perusahaan dan Penggabungan Usaha dari Sudut Pandang Perusahaan Investor
19 July 2016

Aktivitas antar perusahaan meningkat perannya dalam bisnis, perusahaan membeli investasi antar perusahaan untuk beberapa alasan seperti diversifikasi ekspansi serta kesempatan kompetitif dan pengembalian. Menurut Indah Wardani ( Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya ) yang termuat dalam berita di Koran Harian Bisnis Surabaya edisi 269/Tahun 05, 18-24 Juli 2016 bahwa ditinjau dari sudut pandang analisis aktivitas antara perusahaan dan aktivitas internasional meliputi:
1. Sekuritas Investasi
Perusahaan menginvestasikan asset dalam hal jenis surat berharga. Tujuan penyimpanan sementara ini untuk menggunakan kas yang menganggur secara produktif.
2. Akuntansi metode Ekuitas
Diperlukan untuk investasi antara perusahaan dimana perusahaan investor mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan yang diinvestasi, tetapi tidak mengendalikannya.
3. Penggabungan Usaha
Mengacu pada merger atau akuisis suatu bisnis, hal ini terjadi bila sebuah perusahaan mengakuisii sebagian besar sekuritas ekuitas suatu perusahaan lain atau lebih. Beberapa alasan ekonomis penggabungan usaha adalah: untuk memperoleh sumber bahan baku, fasilitas produksi, tehnologi, jaringan pemasaran atau pangsa pasar yang tidak ternilai, untuk menjamin sumber keuangan atau akses terhadap sumber keuangan, mempererat manajemen, meningkatkan efisiensi operasi, mendorong diverifikasi, mempercepat masuk ke pasar, mencapai skala eonomi, dan memperoleh manfaat pajak.
4. Sekuritas Derivatif
Merupakan instrumen keuangan yang nilainya berasal dari nilai asset lain, kelompok aset atau variabel ekonomis seperti harga saham, obligasi, harga komoditas tingkat bunga atau kurs pertukaran valuta. Beberapa macam instrumen keuangan yang digunakan untuk kegiatan lindung nilai antara lain: kontrak masa depan merupakan perjanjian antara dua atau lebih untuk membeli atau menjual komoditas tertentu atau aset keuangan pada tanggal tertentu di masa depan (yang disebut tanggal penyerahan) pada harga tertentu, kontrak seap merupakan pejanjian antara dua pihak atau lebih untuk menukar arus kas masa depan, kontrak opsi memberikan hak pada suatu pihak bukan kewajiban untuk melakukan suatu transaksi
5. Pilihan Nilai Wajar

Warta Dies Lainnya
Jenjang Studi
Berita
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768