E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Warta Dies
Warta Dies STIESIA
Peran Akuntan dalam Masalah Lingkungan
03 June 2016

Akuntan dan akuntansi lingkungan dapat berperan dalam membantu masalah penanganan lingkungan secara tidak langsung. Menurut Endang Ranitawati, SE., M.Si ( Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya ) yang termuat dalam berita di Koran Harian Bisnis Surabaya edisi 261/Tahun 05, 23-29 Mei 2016 bahwa peran akuntan dalam membantu manajemen mengatasi masalah lingkungan melalui lima tahap (Gray 1993 dalam Akbar, 2011), antara lain:
1. Memodifikasi sistem akuntansi yang ada untuk mengidentifikasi masalah lingkungan dalam hubungannya dengan masalah pengeluaran (contoh : biaya kemasan, biaya hukum, biaya sanitasi)
2. Mengidentifikasi hal-hal negatif dari sistem akuntansi, seperti masalah penilaian investasi yang belum mempertimbangkan masalah lingkungan
3. Sistem akuntansi perlu memandang jauh kedepan dan lebih peka terhadap munculnya isu-isu lingkungan yang selalu berkembang
4. Pelaporan keuangan untuk pihak eksternal dalam proses berubah
5. Akuntansi dari sistem informasi memerlukan pengembangan seperti pemikiran tentang kemungkinan adanya eco balance sheet.

Kebijakan perusahaan untuk peduli dengan lingkungan tidak hanya sekedar mentaati peraturan lingkungan, tetapi juga berorientasi pada upaya membangun Sustainable Management yaitu kepedulian manajemen terhadap lingkungan secara substansif Murni (2001) . Perusahaan dapat menyajikan kepedulian lingkungan dalam laporan keuangan guna membantu menciptakan kesan positif terhadap perusahaan dimata pemodal, pemerintah dan masyarakat. Empat model komprehensif yang dapat dijadikan sebagai alternatif model pelaporan keuangan lingkungan antara lain: model normatif, model hijau, model intesnsif lingkungan dan model aset nasional. Perusahaan dapat memilih alternatif model varian dalam menentukan sikap dan bentuk tanggung jawab sosialnya sesuai dengan proporsional masing-masing, namun secara substansial bahwa pertanggungjawaban lingkungan tetap menjadi pertimbangan utama setiap perusahaan.

 

Warta Dies Lainnya
Jenjang Studi
Berita
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768