E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Seminar Pasar Modal: Pasar Modal sebagai Pilihan Investasi
29 June 2018

Unit Kerja (UK) Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, 28-29 Juni 2018 menyelenggarakan Seminar Pasar Modal: Pasar Modal sebagai Pilihan Investasi dengan narasumber Asikin Ashar, Dian Fajar Mahardika, Trainer Bursa Efek Indonesia, dan Pujo Setyo Basuki, Branch Manager PT Reliance Securities Tbk - Surabaya. Bertempat di Ruang Seminar STIESIA Surabaya acara tersebut dimoderatori oleh Dr. Bambang Hadi Santoso, S.E., M.Si. dan dihadiri oleh mahasiswa dan civitas akademika lainnya.

Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA selaku Ketua STIESIA menyampaikan bahwa untuk dapat lulus, mahasiswa memiliki kewajiban menghasilkan sebuah research, dan jika tertarik membuat research mengenai keuangan dan pasar modal cukup mendatangi Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sudah dimiliki oleh STIESIA Surabaya. Dengan adanya Galeri Investasi BEI diharapkan para mahasiswa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan maksimal untuk mengumpulkan data.

Ketua Galeri Investasi BEI STIESIA Surabaya, Dian Palupi, S.E., M.S.M menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Galeri Investasi BEI STIESIA Surabaya yang bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki gambaran secara real dari materi yang diterima di perkuliaha. Jika dalam perkulihaan literasi yang didapat melalui buku, namun dengan adanya seminar ini mahasiswa dapat melihat secara langsung apa yang terjadi di pasar modal. Diakhir sambutannya beliau berharap agar mahasiswa dapat memiliki ketertarikan dalam dunia pasar modal.

Dalam materinya Asikin Ashar dan Dian Fajar Mahardika menjelaskan bhawa berbicara pasar modal sama dengan berbicara tentang investasi. Beberapa alasan mengapa investasi itu penting yaitu untuk mneghadapi inflasi agar daya beli tidak menurun di masa yang akan datang. Selain itu dengan berinvestasi maka kita akan dapat membuat uang bekerja untuk kita tanpa harus bersusah payah terlibat didalamnya dan dapat tetap fokus mengerjakan hal lain sehingga dapat menikmati lebih banyak keuntungan di masa yang akan datang. Investasi baik itu untuk motif berjaga-jaga maupun spekulasi dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari ketidakpastian dimasa yang akan datang. Dari sisi kebutuhan, dengan berinvestasi secara rutin akan mendapatkan hasil yang besar dikemudian hari, dimana hasilnya dapat digunakan untuk membiayai semua kebutuhan tersebut. Delapan langkah investasi di pasar modal antara lain: pahami tujuan investasi, kenali profil risiko, pelajari alternatif investasi, pahami tingkat risiko produk investasi, tentukan batas investasi, tentukan strategi investasi, manfaatkan jasa profesional (apabila diperlukan) dan pertahankan tujuan investasi.

Beberapa pertanyaan diajukan s memasuki sesi tanya jawab, diantaranya melihat pada rukun jual beli, maka adalah bentuk saham secara real, alasan perusahaan menerbitkan saham, Pembagian keuntungan pada investasi di pasar modal, cara mengetahui perusahaan yang menguntungkan di bursa efek untuk berinvestasi/membeli saham.

Acara dilanjutkan dengan Reliance Running Trade oleh Pujo Setyo Basuki dan ditutup dengan foto session bersama. Kegiatan semacam ini akan terus dilakukan, guna tercapainya pembelajaran pasar modal, khususnya bagi mahasiswa STIESIA Surabaya.

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768