E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Peningkatan Kompetensi dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja di Era Digitalisasi
19 April 2018

Program Studi Diploma Tiga (D3) Akuntansi dan Manajemen Perpajakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya (STIESIA), Rabu, 18 April 2018 mengadakan acara Kuliah Tamu bertajuk Peningkatan Kompetensi dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja di Era Digitalisasi dengan narasumber Drs. Ilham Prasetyo L., MM, merupakan Kepala Seksi Pembinaan Produktivitas dan Sertifikasi DISNAKERTRANS Provinsi Jawa Timur dan di moderatori oleh Dr. Hendri Soekotjo, S.E., M.M Bertempat di Ruang Seminar Kampus STIESIA Surabaya, acara tersebut dihadiri oleh :
1. Wakil Ketua I (Bidang Akademik) Dr. Ikhsan Budi Riharjo, S.E., M.Si., Ak.,CA
2. Ketua Program Studi Akuntansi Program Diploma Tiga (D-3) Dr. Fidiana, S.E., M.S.A
3. Ketua Program Studi Manajemen Perpajakan Program Diploma Tiga (D-3), Dr. Hendri Sukotjo, S.E., M.M
4. Sekretaris Program Studi Diploma Tiga (D-3) Manajemen Perpajakan, Krido Eko Cahyono, S.E., M.M
5. Sekretaris Program Studi Diploma Tiga (D-3) Akuntansi Dra. Dini Widyawati, M.Si., Ak., CA
6. Civitas akademika lainnya dan para mahasiswa

Wakil Ketua I (Bidang Akademik) membuka sekaligus memberikan sambutan dalam acara tersebut. Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh STIESIA Surabaya yang diwakili Dr. Ikhsan Budi Riharjo, S.E., M.Si., Ak.,CA kepada narasumber.

Dalam materinya, Drs. Ilham Prasetyo L., MM menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) antara lain: mempelajari bahasa negara yang akan dituju, minimal penguasaan dasar bahasa inggris sebagai bahasa internasional, memiliki keterampilan khusus sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja lokal, melalui jalur resmi dan mengurus ijin kerja, mencari informasi sebanyak mungkin malalui berbagai channel, siap bekerja keras, ulet dan kreatif sebagai cerminan bangsa Indonesia. Pada Era Digital beberapa bidang pekerjaan akan hilang, potensi pekerjaan yang hilang itu pada pekerjaan dengan level keterampilan yang terbatas atau level umum, bukan level advance. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang sangat pesat menggantikan sumber daya manusia dengan teknologi atau robot secara otomatis. Terdapat tiga strategi penyiapan tenaga kerja di era digital, yaitu: pertama, Antisipasi hilangnya pekerjaan, pekerja dipersiapkan untuk dapat masuk kategori yang tidak mudah digantikan oleh proses otomatisasi, terutama di perusahaan manufaktur padat karya. Kedua, Pendidikan vokasi dan sertifikasi berbasis kompetensi. Ketiga, Penguatan peran Penyuluhan, Bimbingan dan Konseling Jabatan dalam melatih kesiapan tenaga kerja untuk hidup mandiri dengan mental self-driving, self-power, kreatifitas, dan inovasi, serta perilaku baik dalam melayani dan menjaga etika komunikasi di dunia maya.

Diakhir acara moderator mengakhiri kuliah tamu dengan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kuliah tamu dan kepada narasumber karena telah bersedia berbagi pengalaman dan berharap semoga ilmu yang sudah dibagi menjadi berkah dan bermanfaat.

 

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768