E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Kuliah Tamu: Strategic Planning and Business Developement Perusahaan di Indonesia
11 April 2018

Program Studi S1 Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Rabu 11 April 2018 mengadakan acara Kuliah Tamu: Strategic Planning and Business Development Perusahaan di Indonesia dengan Narasumber Ir. Ahmad Bambang, M.T, MMI selaku Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana Prasarana Perhubungan (KSSP) Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan di moderatori oleh Prof. Ir. Hening Widi Oetomo, M.M., Ph.D. Bertempat di Hall 2 Graha Widya Bhakti, acara ini merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis STIESIA Surabaya ke 46. Hadir dalam acara tersebut, antara lain :
1. Pendiri STIESIA Prof. Sutjipto Ngumar, Ph.D., C.P.A
2. Ketua Perpendiknas Drs. Agus Subagio
3. Ketua STIESIA Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA beserta jajarannya
4. Ketua Program Studi Manajemen (S1), Dr. Triyonowati, M.Si
5. Civitas Akademika lainya dan juga para mahasiswa

Ketua STIESIA Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara kuliah tamu merupakan kegiatan rutin diluar kegiatan perkuliahan di kelas. Artinya, STIESIA merasa perlu menambah wawasan dari luar. Dalam membentuk generasi yang berintegritas, STIESIA perlu bekerja sama dengn pihak luar, baik dengan masyarakat, perusahaan bisnis, badan usaha milik negara dan lainnya, karena STIESIA dapat berkembang jika melakukan sinergitas yang terkait dengan bidang ahli masing-masing. Diakhir sambutannya beliau berharap semoga dengan adanya kuliah tamu ini apa yang diperoleh di kelas yang basisnya teori mampu dikombinasikan dan di sinergikan, sehingga gap yang terjadi antara ilmu yang diperoleh dengan praktek di lapangan semakin berkurang.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari STIESIA, yang diwakili oleh Ketua STIESIA Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA kepada narasumber Ir. Ahmad Bambang, M.T., MMI Dan sebaliknya, cindermata berupa buku diberikan Ir. Ahmad Bambang, M.T., MMI kepada STIESIA yang diwakili oleh Pendiri STIESIA Prof. Sutjipto Ngumar, Ph.D., C.P.A, Ketua Perpendiknas Drs. Agus Subagio, dan Ketua STIESIA Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA.

Dalam materinya, Ir. Ahmad Bambang, M.T, MMI menjelaskan bahwa saat ini dunia semakin gila. Di dunia yang gila kita butuh kegilaan dan orang-orang yang gila. Dunia saat ini manghadapi gangguan, dimana gangguan atau masalah tersebut mengganggu acara, aktivitas atau proses. Disisi lain terdapat gangguan dalam setiap aspek bisnis, antara lain di bidang ekonomi, digital, sosial, teknologi. Budaya, dan perilaku pelanggan. Teknologi menciptakan lapangan kerja jauh lebih kecil dari lapangan kerja yang di hapusnya. Oleh karena itu lanskap bisnis telah diubah, di dunia Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA) ini, BUMN menghadapi permasalahan seperti tantangan baru (perilaku pelanggan yang baru), gangguan disetiap lini bisnis, dan kompetitor yang sulit diduga. Sehingga agar dapat bertahan BUMN harus memiliki lima karakter berdasarkan dGil filosofi think like there is no box, yaitu kewirausahaan, inovatif, tangkas, gila, dan kreatif. Berdasarkan dGil filosofi think like there is no box kata CRAZY berarti Combaining, Reducing Adventuring , Zooming, Yoyoing. Bersikap gila tetap harus mempertimbangkan tiga aspek, antara lain agama, hukum, dan norma. Menutup penjelasan materinya beliau menyampaikan bahwa keberhasilan adalah hak orang-orang yang berusaha keras, hasil yang baik adalah hak dari orang-orang yang berusaha keras, sedangkan hasil yang lebih baik adalah hak orang-orang yang sabar. Berusaha keras, sabar, berusaha tanpa henti. Gagal ulangi, salah perbaiki.

Memasuki sesi tanya jawab beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta, diantaranya peran pemerintah menstabilkan ekonomi dari kenaikan-kenaikan harga yang berimbas dibanyak bidang, softskill yang harus dimiliki untuk seseorang yang bekerja di BUMN, penerapan pasal 33 ayat 2 pada kasus lapindo, cara menyiapakan SDM untuk menghadapi disrupsi dan crazines ini, harus dilakukan terlebih dahulu untuk mengikuti crazines ini.

Diakhir acara moderator mengakhiri kuliah tamu dengan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kuliah tamu dan kepada narasumber karena telah bersedia berbagi pengalaman dan berharap semoga ilmu yang sudah dibagi menjadi berkah dan bermanfaat.

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768