E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Industrial Revolution 4.0 and the Development of Accounting Information System: An Imaginary Dialouge
15 March 2018

Program Studi S1 Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya (STIESIA), Kamis 15 Maret 2018 mengadakan acara Kuliah Tamu bertajuk Industrial Revolution 4.0 an the Development of Accounting Information System: An Imaginary Dialouge, dengan narasumber Prof. Eko Ganis Sukoharsono, M.Com-Hons, CSRA.,Ph.D merupakan Head Of Quality Assurance Board Director Business Social and Environmental Sustainability Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang Surabaya dan di moderatori oleh Mia Ika Rahmawati. S.E., M.Com.,Ak. Kuliah tamu ini di gelar dalam rangka menyambut dies natalis STIEISA Surabaya ke 46. Bertempat di Hall 2 Graha Widya Bhakti, acara tersebut dihadiri oleh:
1. Pendiri STIESIA Prof. Sutjipto Ngumar, Ph.D., C.P.A
2. Ketua Perpendiknas Drs. Agus Subagio
3. Ketua STIESIA Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak.,CA
4. Wakil Ketua I (Bidang Akademik) Dr. Ikhsan Budi Riharjo, S.E, M.Si., Ak.,CA
5. Wakil Ketua II (Bidang Keuangan dan Umum) Dra. Ec. Sasi Agustin, M.M
6. Wakil Ketua III (Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan) Dr. Suwitho,SE.,Msi
7. Ketua Program Studi Akuntansi (S1) Dr. Wahidahwati, S.E., M.Si., Ak., CA
8. Civitas akademika lainnya dan para mahasiswa.

Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA dalam sambutannya menyampaikan bahwa lulusan akuntansi membutuhkan sebuah alat untuk memenuhi tutuntutan yang ada, dimana tuntutan ini terakomodir oleh kompetensi di negara kita. Tuntutan ini berjenjang sesuai pendidikan. Pengetahuan dan ketrampilan harus dimiliki oleh para lulusan dukung dengan perkembangan teknologi.
beliau berpesan kepada para peserta agar dapat mengambil intisari dari kuliah tamu, agar dapat digunakan untuk kajian bahan menulis skripsi.

Dalam materinya, Prof. Eko Ganis Sukoharsono, M.Com-Hons, CSRA.,Ph.D menjelaskan bentuk paper yang diberikan untuk dibahas merupakan dialog imajiner mengenai revolusi industri (IR4.0) dan pengembangan sistem informasi akuntansi, ini menjelaskan pemikiran tentang perubahan sistem informasi akuntansi di era industri 4.0. Dialog imajiner antara Akuntan dan Industrialis, keduanya memperhatikan pergerakan dan pendekatan sistem informasi akuntansi. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara IR4.0 dan pengembangan Sistem Informasi Akuntansi (SIA). IR4.0 dicirikan oleh Interoperabilitas, Virtualisasi, Desentralisasi, Real Time Capability, Orientasi Layanan, dan Modularitas yang signifikan berkontribusi pada ketepatan dan ketepatan waktu informasi dan kualitas akuntansi SIA. Dengan IR4.0, SIA akan mengubah kinerjanya secara signifikan. Dalam hal ini, SIA dapat dikenali sebagai akuntansi melalui kantor virtual dan sebagai akuntansi tanpa kertas. Akunting melalui kantor virtual bisa melakukan proses bisnis dan tidak tergantung pada lokasi geografis mitra bisnis dan perusahaan.

Memasuki sesi tanya jawab beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta, diantaranya dampak dari IR 4.0 pada calon sarjana ekonomi, kiat-kiat sebagai calon sarjana ekonomi di masa yang akan datang, hal-hal yang harus di persiapkan untuk menyambut IR 4.0, hal-hal yang harus dilakukan jika IR 4.0 telah diaplikasikan di Indonesia, selanjutnya apakah bekerjasama dengan programer atau akuntan bekerja individu, kesiapan Indonesia menerima IR 4.0, kendala yang dihasilkan dari IR4.0, penjelasan mengenai tahapan-tahapan untuk melakukan metode kualitatif, dan pertanyaan mengenai dampak IR 4.0 yaitu adanya pergeseran kepada manusia karena semua menggunkan sistem.

Diakhir acara moderator mengakhiri kuliah tamu dengan memberikan kesimpulan bahwa revolusi industri telah ada di kehidupan kita tanpa kita sadari, selanjutnya berfokus pada revolusi terhadap keakuratan dan peningkatan sistem informasi akuntansi, dan ucapan terima kasih seluruh peserta yang telah mengikuti kuliah tamu dan kepada narasumber karena telah bersedia meluangkan waktunya.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata yang diwakili oleh Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA selaku Ketua STIESIA kepada narasumber, Prof. Eko Ganis Sukoharsono, M.Com-Hons, CSRA.,Ph.D.

 

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768