E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Lokakarya FORDES ISEI dengan STIESIA Surabaya
08 March 2018

Forum Dosen Ekonomi Surabaya (FORDES) - ISEI cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur bekerjasama dengan STIESIA Surabaya menyelenggarakan Lokakarya bertajuk Payung Penelitian dan Perencanaan Riset untuk Luaran Publikasi Bereputasi, Paten dan Implementatif, Rabu 7 Maret 2018. Acara yang berlangsung di Hall 2 Graha Widya Bhakti ini juga merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis STIESIA Surabaya ke 46.

Acara dihadiri oleh Dr. Eko Purwanto, S.E., M.Si selaku Ketua ISEI cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur, Dr. Siti Mujanah, MBA., Ph.D selaku Ketua FORDES, Prof. Sutjipto Ngumar, Ph.D., CPA selaku Pendiri STIESIA Surabaya, Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA selaku Ketua STIESIA Surabaya dan para peserta Lokakarya.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan suguhan tari Remo oleh UKM Tari STIESIA Surabaya.

Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak dalam sambutannya menyampaikan terkait dengan kegiatan dies natalis ke 46, STIESIA mengambil tema Bersinergi Membentuk Generasi Berintegritas. Maksud dari bersinergi yaitu sebagai Perguruan Tinggi tidak dapat berdiri sendiri, harus bersinergi dengan Perguruan Tinggi lain, pemerintah, dan masyarakat umum. STIESIA sangat mengapresiasi ISEI yang telah mengadakan kegiatan lokakarya ini, karena dosen-dosen merupakan anggota dan pengurus ISEI Surabaya. Seorang dosen memiliki tanggung jawab besar yang dituntut Tridharma Perguruan Tinggi terkait dengan penelitian. Untuk melakukan penelitian butuh effort yang luar biasa. Pada kegiatan lokakarya ini diharapkan kreatifitas untuk melakukan riset dapat di pertanggungjawabkan dan diakui di dunia internasional. Diakhir sambutannya, beliau berharap semoga acara ini semakin banyak memberikan wawasan, memberikan pemahaman tentang penelitian dan bagaimana melakukan publikasi sampai melakukan hak paten atau hak intelektual.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dan MOA antara STIESIA Surabaya dengan ISEI cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur dan Forum Dosen Ekonomi Surabaya (FORDES) , disaksikan oleh Wakil Ketua III Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Suwitho, M.Si juga pemberian cinderamata oleh pihak STIESIA Surabaya kepada Ketua ISEI cabang

Dalam sambutannya Dr. Eko Purwanto, S.E., M.Si menyampaikan, salah satu kegiatan tridarma Perguruan Tinggi yg memiliki nilai strategis dan berhubungan kuat dengan kompetensi adalah penelitian. Nilai seorang dosen semakin tinggi jika didukung dengan hasil-hasil riset. Salah satu tujuan diadakannya acara lokakarya ini yaitu mengharapkan penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang lebih berbobot dapat dimuat di jurnal-jurnal terakreditasi. Selain itu tujuan lain untuk menginspirasi dan membangkitkan semangat dosen dalam melakukan publikasi.

Dr. Methiana Indrasari, MM sebagai moderator memandu pemberian materi Lokakarya Payung Penelitian dan Perencanaan Riset untuk Luaran Publikasi Bereputasi, Paten dan Implementatif yang diberikan oleh Prof. Dr. Anton Muhibuddin, SP., MP. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa payung penelitian merupakan penelitian kolaboratif tema besar yang diturunkan ke beberapa subtema yang lebih kecil. Tiap sub topik penelitian menjadi bagian yang saling melengkapi jika digabungkan, dan apabila dipisahkan dapat berdiri sendiri. Tiap sub topik dibagi lagi menjadi sub-sub topik yang lebih rinci. Payung penelitian yang bagus terencana dalam jangka panjang dan menjadi penciri suatu Perguruan Tinggi/ suatu Negara. Payung penelitian dibentuk berdasarkan kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA), kebutuhan dunia saat ini dan yang akan datang. Beliau juga memberikan informasi mengenai langkah-langkah dalam penyiapan artikel, diantaranya menyiapkan artikel andalan yang cukup data dengan bahasan yang luas/internasional, menggunakan tata bahasa Subyek-Predikat-Objek-Keterangan (SPOK) dan tidak diulang-ulang, dan mengecek referensi, menyitir pustaka terbaru dari jurnal bereputasi dan juga menyesuaikan penulisan daftar pustaka.

 

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768