E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Seminar Penelitian Jurnal Ekonomi dan Keuangan Ekuitas (03 Juni 2017)
05 June 2017

Sabtu, 3 Juni 2017 bertempat di Hall 2 Graha Widya Bhakti STIESIA Surabaya Unit Satuan Kerja (USK) Ekuitas, kembali menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Jurnal Ekonomi dan Keuangan Ekuitas. Narasumber yang hadir adalah Hariyati dosen Universitas Negeri Surabaya. Acara ini dimoderatori Nur Handayani, S.E., M.Si., Ak., CA dan diikuti oleh mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 Manajemen yang akan memprogram skripsi.

Membuka sekaligus memberikan sambutan diawal acara, Ketua Ekuitas, Dra. Siti Rokhmi Fuadati, M.Si menyampaikan untuk masuk di jurnal ekuitas STIESIA Surabaya meurpakan pilihan, jurnal-jurnal yang berasal dari artikel dosen di saring dengan sistem penyaringan sangat ketat dan blind review. Beliau berpesan kepada para mahasiswa agar menggunakan kesempatan pada seminar ini dengan baik untuk menanyakan segala sesuatu yang belum di ketahui tentang tugas yang akan di lakukan, terlebih karena akan memasuki tugas penelitian dan setelah itu diwajibkan membuat jurnal yang harus dipublikasikan setelah skripsi dengan wadah jurnal publikasi di perpustakaan.

Dalam penelitiannya yang berjudul Peran Mediasi Kinerja Proses Internal Atas Hubungan Strategi Inovasi dengan Kinerja Keuangan, Hariyati menjelaskan fokus dari penelitian ini adalah menguji peran mediasi kinerja proses internal terhadap hubungan antara strategi inovasi dengan kinerja keuangan. Uji statistik yang pertama dilakukan dengan menguji pengaruh langsung variabel strategi terhadap variabel kinerja keuangan yang kemudian dilakukan uji pengaruh tidak langsung yang melibatkan variabel mediasi. Hipotesis dalam studi ini adalah strategi inovasi berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang dimediasi kinerja proses internal. Kinerja proses internal memediasi secara parsial (partially mediating) atas hubungan antara strategi inovasi berkelanjutan (STR) dengan kinerja keuangan (KK). Inovasi produk dan inovasi proses serta implementasi teknologi sangat penting dalam strategi inovasi. Implementasi strategi inovasi berpengaruh pada kinerja proses internal yang meliputi Operations Management process, Customer Management process , Innovation process, dan Regulatory dan Social processes. Dalam penelitian ini, perusahaan-perusahaan manufaktur di Jawa Timur selalu meningkatkan efisiensi dalam proses manajemen operasionalnya, dan dalam proses operasional perusahaan selalu berorientasi kepelanggan dengan melakukan inovasi produk dan proses. Strategi inovasi berkelanjutan berdampak pada kinerja keuangan bila terdapat kinerja proses internal yang baik. Oleh karena itu, kinerja proses internal memediasi hubungan antara strategi inovasi berkelanjutan (STR) dengan kinerja keuangan (KK), walaupun secara parsial. Hal ini menunjukkan bukan hanya kinerja proses internal yang memediasi hubungan antara strategi inovasi berkelanjutan (STR) dengan kinerja keuangan (KK) namun masih terdapat variabel-variabel lain. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal, antara lain: strategi inovasi berpengaruh terhadap kinerja keuangan, strategi inovasi berpengaruh terhadap Kinerja Proses Internal, Kinerja Proses Internal berpengaruh terhadap kinerja keuangan, dan strategi inovasi berpengaruh terhadap kinerja keuangan melalui kinerja proses internal. Fokus dari penelitian ini adalah pengaruh mediasi kinerja proses internal terhadap hubungan strategi inovasi dengan kinerja keuangan. Oleh karena itu secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi inovasi berpengaruh terhadap kinerja keuangan melalui kinerja proses internal. Peran kinerja proses internal menjadi penting atas hubungan strategi inovasi dengan kinerja pelanggan.

Banyak pertanyaan yang diajukan saat memasuki sesi tanya jawab, diantaranya cara untuk menemukan teori, cara membedakan variabel moderating dengan intervening, data yang digunakan pada penelitian ini (sekunder atau primer), terkait dengan data perusahaan internal tidak semua perusahaan berkenan memberikan, proses apa yang dapat dilakukan untuk melakukan proses pengolahan data, jenis penelitian yang dipaparkan apakah dapat digunakan untuk mahasiswa konsentrasi sektor publik, penempatan porsi yang tepat untuk menempatkan variabel, dan dalam kondisi seperti apa variabel kontrol dibutuhkan.

Diakhir sesi, Dra. Siti Rokhmi Fuadati, M.Si. selaku Ketua Ekuitas menutup acara mengucap syukur karena acara sudah berlangsung dengan tertib dan lancar dengan atensi yang luar biasa. Tidak lupa, ucapan terima kasih beliau sampaikan kepada pemakalah, para peserta, dan juga panitia yang terlibat dalam acara tersebut. Yang terpenting, diharapkan para mahasiswa yang akan memprogram skripsi dapat memetik pelajaran yang sangat berharga dari pemakalah, sehingga bisa menyelesaikan tugas akhirnya tersebut dengan baik.

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768