E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Customs Goes to Campus Bea dan Cukai 2017
24 May 2017

Unit Satuan Kerja Laboratorium Bea Cukai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) bekerjasama dengan Kantor Direktorat Bea dan Cukai Surabaya menyelenggarakan Kuliah Tamu : Customs Goes to Campus Bea dan Cukai, dengan Narasumber Syahrial Budi Irawan Kepala Seksi Penyuluhan & Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea & Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak, beserta Tim. Bertempat di Hall 2 Gedung Graha Widya Bakti, acara yang berlangsung Rabu, 24 Mei 2017 ini dihadiri oleh :
1. Pendiri STIESIA Prof. Sutjipto Ngumar, Ph.D., C.P.A
2. Ketua Perpendiknas Drs. Agus Subagio
3. Ketua STIESIA Dr. Akhmad Riduwan, S.E., M.S.A.,Ak, CA
4. Wakil Ketua I (Bidang Akademik) Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak
5. Wakil Ketua II (Bidang Keuangan dan Umum) Dra. Ec. Sasi Agustin, M.M
6. Wakil Ketua III (Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan) Dr. Suwitho,SE.,MSi
7. Kepala Laboratorium Bea dan Cukai Dr. Anindhyta Budiarti,SE.,MM
8. Civitas Akademika lainya dan juga para mahasiwa program studi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Perpajakan

Ketua STIESIA Dr. Akhmad Riduwan, S.E., M.S.A.,Ak, CA dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih karena pihak bea cukai berkenan untuk hadir dan memberikan pengetahuan bagi mahasiswa program studi manajemen yang sedang menempuh mata kuliah kepabeanan cukai. Dalam kesempatan itu beliau berharap agar para mahasiswa dapat mengambil manfaat dari kegiatan kuliah tamu ini untuk menambah pengetahuan, karena sesungguhnya STIESIA selalu menginginkan adanya jembatan antara teori dan praktek. oleh karena itu kehadiaran tim bea cukai sesungguhnya untuk menjembatani antara teori dan ranah praktis kepabeanan cukai. Menutup sambutannya disampaikan harapan agar kegiatan ini memberikan manfaat bagi semua.

Syahrial Budi Irawan Kepala Seksi Penyuluhan & Layanan Informasi menyampaikan bahwa mahasiswa mungkin jarang berhubungan dengan bagian-bagian tertentu di bea cukai sehingga diharapkan pada kuliah tamu ini para peserta dan Tim Penyuluhan & Layanan Informasi KPP Bea & Cukai TMP Tanjung Perak dapat saling berinteraksi dan menggali lebih dalam apa saja yang menjadi tugas-tugas dilingkup kantor dan luar kantor bea dan cukai. Acara ini dikemas dengan menyenangkan,karena sesuatu yang menyenangkan dapat di terima lebih baik. Dalam kuliah tamu ini tidak banyak materi yang diberikan karena dapat di berikan lewat kelas-kelas perkuliahan atau dapat mendatangi kantor bea dan cukai sehingga pada kunjungan tersebut nanti dapat dijelaskan teori-teori yang dibutuhkan dengan lebih detail dan membawa langsung ke daerah pelabuhan yang mana tidak semua orang dapat memperoleh akses kesana. Beliau berharap kuliah tamu ini dapat menambah keingin tahuan tentang bea cukai. dan dapat memberi manfaat yang besar di kemudian hari.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Activity (MOA) sekaligus pemberian cinderamata oleh Ketua STIESIA Dr. Akhmad Riduwan, S.E., M.S.A.,Ak, CA kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea & Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak yang diwakili oleh Syahrial Budi Irawan.

Syahrial Budi Irawan dalam kuliah tamu menjelaskan tentang pengertian bea dan cukai, kepabeanan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean dan pemungutan bea masuk dan bea keluar sedangkan cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik tertentu yaitu konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup atau pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan. Tiga jenis barang kena cukai antara lain hasil tembakau (rokok, cerutu, tembakau iris, dll), etil alkohol, dan minuman mengandung etil alkohol (bir, whiskey, vodka dll.). Bekerja di Bea dan Cukai tidak selalu langsung berhubungan dengan tindak pidana penyelundupan. Semua barang hasil tindak pidana penyelundupan dijadikan Barang Milik Negara yang nantinya akan dilelang atau dimusnahkan.

Banyak pertanyaan yang diajukan saat memasuki sesi tanya jawab, diantaranya mengenai kasus yang pernah di hadapi pihak bea cukai dan cara menanggulanginya, cara pengawasan bea cukai kepada penyelundupan yang masih terjadi, tindak lanjut penyitaan oleh bea cukai kepada barang-barang bahan pokok, alasan barang-barang import dapat ditahan oleh bea cukai dan cara penanganannya agar barang daapt diambil, cara agar tidak dikenakan bea masuk ketika bepergian dari luar negeri, informasi mengenai barang-barang lartas (larangan pembatasan), solusi menangani barang-barang black market. Acara kuliah tamu ini disajikan dengan menarik dan memberikan banyak hal baru, sehingga menarik untuk dibahas dalam acara tersebut.

Rangkaian acara Kuliah Tamu : Customs Goes to Campus Bea dan Cukai ini selain penandatanganan MOU, penjelasan materi bea dan cukai, terdapat pula demo dan atraksi K-9, penjelasan mengenai bagian-bagian spesialis di bea cukai yang tidak banyak orang tahu, penjelasan mengenai patroli laut oleh Tommy Stanislaus Medi selaku Kepala Subseksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pelayanan dan Administrasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak, suguhan musik akustik dan pemberian hadiah untuk pemenang foto kontes yang di unggah ke akun media sosial milik bea dan cukai.

 

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768