E-learning  |   Info Akademik  |   Pendaftaran Mahasiswa Baru  |   Dosen  





Berita
berita seputar STIESIA
Bersama Pajak Membangun Kemandirian Bangsa
22 May 2017

Program Studi Diploma Tiga (D3) Manajemen Perpajakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya (STIESIA), Senin 22 Mei 2017 mengadakan acara Kuliah Tamu: Bersama Pajak Membangun Kemandirian Bangsa, dengan Narasumber Tim Penyuluh KPP Pratama Surabaya Gubeng yang terdiri dari:
1. R. Soehendro Dwitomo - Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi III
2. Rahman Hakim - Account Representative
3. I Putu Sindhu Darmawan - Account Representative
4. Hamzah Pradana PH - Pelaksana Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan
5. Rizka Sandra Dewi - Pelaksana Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan.

Bertempat di Convention Hall Graha Widya Bhakti, acara tersebut dihadiri oleh:
1. Ketua STIESIA Dr. Akhmad Riduwan, S.E., M.S.A.,Ak, CA
2. Wakil Ketua II (Bidang Keuangan dan Umum) Dra. Ec. Sasi Agustin, M.M
3. Wakil Ketua III (Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan), Dr. Suwitho,SE.,MSi
4. Ketua Program Studi Diploma Tiga (D-3) Manajemen Perpajakan, Dr. Hendri Sukotjo, S.E., M.M
5. Civitas Akademika lainnya dan juga para mahasiswa program studi D3

Tim Penyuluh KPP Pratama Surabaya Gubeng dalam kuliah tamu menyampaikan, beberapa pengertian pajak yaitu kontribusi wajib kepada negara, dapat dipaksakan berdasarkan Undang-Undang, digunakan umtuk membiayai pengeluaran pemerintah untuk kemakmuran rakyat dan merupakan kontraprestasi tidak langsung. Pajak memiliki dua fungsi, pertama fungsi budgetair (sumber penerimaan negara untuk membiayai pengeluaran negara), dan fungsi regulerand (mengatur sesuatu keadaan di masyarakat sesuai dengan kebijakan pemerintah, misalnya distribusi pendapatan dan kekayaan , perlindungan produk dalam negeri). Beberapa sumber pembiayaan negara antara lain berasal dari pinjaman luar negeri dan dalam negeri, utang luar negeri dan dalam negeri dapat memberatkan posisi APBN RI, karena utang luar negeri tersebut harus dibayarkan beserta dengan bunganya. Menjual Sumber Daya Alam (SDA), penjualan SDA secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan atau ekosistem serta membuat SDA tersebut menjadi langka. Pajak, penerimaan negara melalui pajak merupakan satu-satunya sumber penerimaan negara yang miniim resiko serta dapat m,eningkatkan kemandirian bangsa. Seorang calon wajib pajak berkewajiban mendaftarkan diri dengan memilih tiga cara yang diberikan yaitu secara langsung ke KPP terdekat, secara online ke situs Direktorat Jendral Pajak (DJP) online atau melalui pos atau jasa ekspedisi. Mulai tahun 2016 wajib pajak diwajibkan melakukan pembayaran pajak secara elektronik menggunkana billing system. Kelebihan e-billing dan e-filling yaitu hemat waktu,fleksibel dan ramah lingkungan.

Memasuki sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta kuliah tamu diantaranya mengenai entrepreneur, bagaimana perlakuan kewajiban pajak terutama mengenai kepemilikan NPWP, program untuk meningkatkan kesadaran membayar pajak pada masyrakat, faktor-faktor yang membuat wajib pajak tidak melaporkan pajaknya padahal memiliki NPWP, penjelasan kebijakan dibeberapa kantor pajak, beberapa bersedia memberikan npwp, beberapa sulit untuk mendapatkannya. Acara kuliah tamu ini memang memberikan banyak hal baru, sehingga menarik untuk dibahas dalam acara tersebut.

Diakhir sesi MC menutup kuliah tamu dengan ucapan terima kasih kepada narasumber karena telah bersedia berbagi pengalaman dan berharap semoga ilmu yang sudah dibagi menjadi berkah dan bermanfaat. Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh pihak STIESIA, yang diwakili oleh Ketua STIESIA Dr. Akhmad Riduwan, S.E., M.S.A.,Ak, CA kepada Narasumber Tim Penyuluh KPP Pratama Surabaya Gubeng.

foto dari berita diatas
Berita Lainnya
Jenjang Studi
Warta Dies
lebih lengkap
Pengumuman
lebih lengkap
Event
lebih lengkap
Bookmark and Share

© 2009 - www.stiesiaedu.com

Best View Resolution 1024 x 768